InternetSmartphone

4 Cara Menghilangkan Spam Iklan di Google Chrome Android

Dalam menggunakan aplikasi pencarian secara daring tentu tidak ada pengguna Android yang menginginkan munculnya gangguan dari segi apa pun. Namun, sering kali pengguna Android dikejutkan dengan iklan-iklan yang tiba-tiba datang saat sedang asyik berselancar di aplikasi pencarian seperti google chrome. Kesal dan menjengkelkan, bukan? Tapi, tidak banyak pengguna Android yang dapat mengatasi gangguan ini. Tentu ada solusinya! Simak 4 cara menghilangkan spam iklan di google chrome Android berikut ini!

Mengenal Spam Iklan

Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Hal ini berlaku juga untuk spam iklan. Sebelum melangkah ke cara menghilangkan iklan di google chrome, terlebih dahulu Anda harus mengenal apa itu spam iklan.

Spam iklan adalah iklan yang muncul pada saat pengguna aplikasi google chrome sedang browsing. Umumnya, spam iklan tampak sebagai iklan timbul atau pop-up iklan yang terkadang jika tidak sengaja tersentuh akan membawa pengguna ke tab atau jendela baru. Ada pula spam iklan yang tiba-tiba muncul di tengah konten dari situs yang sedang pengguna kunjungi seperti notifikasi untuk melindungi perangkat Android pengguna atau deteksi virus terhadap perangkat.

Selain mengganggu kegiatan browsing pengguna, spam iklan juga membahayakan keamanan perangkat Android yang pengguna gunakan. Beberapa kasus, akibat ketidaksengajaan menyentuh pop-up iklan mengakibatkan jendela baru yang terbuka tidak dapat ditutup, ukuran layar halaman google chrome berubah-ubah tanpa dikehendaki oleh pengguna bahkan aktivitas browsing diarahkan ke situs atau halaman tidak dikenal dan tidak terpercaya.

Dari bahaya-bahaya yang disebutkan diatas, penting bagi pengguna Android untuk mencegah hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu, kami merangkum 4 cara menghilangkan spam iklan di google chrome Android.

Download Google chrome

cara menghilangkan spam iklan

 

Pop-up iklan yang muncul tiba-tiba memang mengganggu dan meresahkan pengguna Android yang tidak mengerti bagaimana mengatasinya. Pada dasarnya, pengaturan google chrome secara otomatis memblokir pop-up iklan yang muncul dihalaman google chrome. Namun, pengaturan tersebut bisa berubah jika tanpa sengaja pengguna menyentuh pop-up iklan atau mengizinkan iklan memberikan notifikasi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Yang Pertama dari Cara Menghilangkan Spam Iklan di google chrome Android

Memblokir pop-up iklan

  • Pertama, buka aplikasi google chrome pada perangkat Android.
  • Ketuk tiga titik vertikal pada bagian kanan atas halaman google chrome.

memtikan javascript iklan di google chrome

  • Pilih menu setelan atau simbol roda.
  • Kemudian, ketuk pilihan setelan situs. (Jika pengguna tidak menemukan, gulirkan keatas sampai menemukan pilihan setelan situs di bagian bawah menu)

setelan situs

  • Lalu ketuk menu pop-up dan pengalihan.
  • Langkah terakhir, pengguna dapat memblokir pop-up iklan dengan mematikan tombol.

situs pengalihan

Pengguna Android dapat memastikan menu pop-up iklan telah mati. Pastikan tombol blokir berwarna abu-abu, bukan berwarna biru. Jika tombol masih berwarna biru, cukup ketuk sekali untuk memblokir pop-up iklan.

Memblokir Fitur Iklan (Ads)

Tidak berhenti sampai dipemblokiran pop-up iklan, cara kedua yang dapat pengguna Android lakukan adalah memblokir fitur iklan atau biasa disebut ads. Ads atau iklan biasanya muncul di berbagai tempat yang tidak diduga pada layar google chrome. Yang paling menjengkelkan adalah ketika iklan muncul di tengah konten dari situs yang sedang pengguna kunjungi. Oleh sebab itu, penting dilakukan pemblokiran fitur iklan. Berikut cara memblokir iklan (ads):

  • Buka aplikasi google chrome.
  • Ketuk tiga titik vertikal pada bagian kanan atas halaman google chrome.
  • Pilih menu setelan.

Memblokir Fitur Iklan

  • Kemudian, ketuk pilihan setelan situs.
  • Lalu ketuk iklan (atau ads).
  • Blokir iklan dengan mengetuk tombol di sebelah kanan kata iklan (atau ads) menjadi abu-abu.

Mematikan JavaScript

Sudah memblokir pop-up iklan dan fitur iklan (ads), tapi spam iklan masih muncul? Lalu bagaimana cara menghilangkan spam iklan di google chrome? Tidak perlu khawatir. Cara ketiga yang dapat pengguna lakukan adalah mematikan JavaScript pada pengaturan aplikasi google chrome. Mari ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pada aplikasi google chrome, ketuk tiga titik vertikal di bagian kanan atas halaman.
  • Pilih menu setelan. Kemudian, gulirkan halaman keatas dan pilih menu setelan situs.

Memblokir Fitur Iklan

  • Lalu pilih menu JavaScript (diatas menu pop-up dan pengalihan).
  • Ketuk tombol di sebelah kanan JavaScript supaya berubah menjadi abu-abu untuk mematikan Java Script.

memtikan javascript iklan di google chrome

Sebagai catatan, beberapa situs memerlukan JavaScript untuk menjalankan sistem operasi situs tersebut. Oleh sebab itu, pengguna Android dapat menambahkan situs-situs tertentu sebagai pengecualian supaya JavaScript tidak mati saat mengakses situs tersebut. Pengguna gawai Android dapat menambahkan bermacam situs tersebut dengan menambahkannya pada menu tambahkan situs pengecualian di bawah menu pilihan untuk mematikan JavaScript.

Menghapus Malware

Menghapus Malware

Sudah melakukan tiga cara di atas namun masih mengalami gangguan dari spam iklan yang tidak diinginkan? Atau pengguna Android merasa masih membutuhkan tingkat pengamanan lebih untuk perangkat Androidnya? Tentu masih ada cara menghilangkan spam iklan di google chrome, yaitu menghapus malware.

Tanpa disadari, terkadang saat pengguna Android mengunduh beberapa aplikasi ternyata ada malware di dalamnya. Malware sendiri berasal dari dua kata yaitu “malicious” dan “software”. Jika sebuah aplikasi terindikasi malware, maka malware tersebut dapat merusak atau mencuri data dari perangkat Android yang digunakan oleh pengguna. Jika sebuah google chrome terindikasi malware, maka beberapa hal ini bisa terjadi: tab baru yang terbuka tidak dapat ditutup, kegiatan browsing diarahkan ke halaman yang tidak dikenal, atau mendapat peringatan indikasi perangkat terjangkit virus, dan lain-lain. Maka dari itu, penting untuk menghapus malware, berikut tahap-tahap menghapus malware:

Tahap pertama, pengguna Android dapat menghapus lalu mengunduh ulang aplikasi yang baru-baru ini diunduh atau terindikasi bermasalah. Pertama-tama, matikan atau switch off perangkat Android. Tunggu beberapa saat, kemudian nyalakan kembali dalam mode aman. Setelah menyalakan dalam mode aman, pengguna Android dapat menghapus aplikasi yang paling baru diunduh. Setelah menghapus aplikasi, matikan perangkat Android dan setelah beberapa saat nyalakan kembali. Pengguna Android dapat mengulangi langkah-langkah tersebut untuk menghapus aplikasi yang bermasalah. Setelah semua aplikasi yang bermasalah terhapus, pengguna dapat mengunduh kembali dalam keadaan mode aman.

Kedua, pastikan Play Protect aktif untuk melindungi perangkat dari aplikasi yang bermasalah atau terindikasi membawa malware. Play Protect adalah bagian dari Google Play Store yang akan memindai seluruh perangkat lunak pada perangkat Android. Berikut cara mengaktifkan Play Protect:

  1. Buka aplikasi Google Play Store pada perangkat Android.
  2. Ketuk tiga garis sejajar pada bagian kiri atas halaman Google Play Store.
  3. Pilik menu Play Protect (dengan simbol tameng).
  4. Kemudian pindai semua aplikasi pada perangkat Android.

Setelah memindai, Play Protect akan menampilkan laporan hasil pemindaian seluruh perangkat lunak atau aplikasi yang ada di perangkat Android, termasuk ancaman keamanan dari malware.

Terakhir, untuk menghapus malware, pengguna Android dapat mematikan notifikasi atau izin yang sebelumnya diberikan saat ada pop-up iklan yang muncul. Berikut langkah-langkah yang dapat dijalankan:

  1. Pada aplikasi google chrome, ketuk tiga titik vertikal di bagian kanan atas halaman.
  2. Pilih menu setelan. Kemudian, pilih menu setelan situs.
  3. Lalu pilih menu notifikasi (diatas menu JavaScript).
  4. Kemudian pengguna Android dapat mengatur izin yang telah diberikan. (Matikan izin jika ada izin yang diberikan, jika tidak ada maka pengguna tidak mengizinkan situs mengirim notifikasi).

Dengan mengikuti 4 cara menghilangkan spam iklan di google chrome pada Android seperti penjelasan di atas, pengguna Android dapat menikmati browsing tanpa gangguan dari spam-spam iklan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Back to top button